SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS SUKAMAHI

Minggu, 10 Juni 2012


Demi Peningkatan ASI, Iklan Susu Formula Akan Dibatasi

JUM'AT, 8 JUNI 2012 19:14 wib
Gustia Martha Putri - Okezone
detail berita
Ibu menyusui (Foto: Corbis)
SALAH satu penyebab masih rendahnya tingkat pemberian ASI eksklusif di Indonesia karena masih gencarnya promosi susu formula. Karenanya, iklan susu formula pun akan dibatasi.

"Selain media cetak, promosi susu formula akan dibatasi. Nanti akan dibicarakan lagi bagaimana persyaratannya jika tayang di media elektronik seperti televisi," tutur Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (Dirjen Bina Gizi & KIA), Dr. Slamet Riyadi Yuwono, DTM&H, MARS, usai jumpa pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Kendati demikian, iklan susu formula yang dibatasi hanya untuk usia nol hingga enam bulan.

"Peraturan Pemerintah tentang pemberian ASI ini tidak akan mematikan industri susu formula karena pasarnya tetap akan ada. Intinya kan cuma jangan ganggu yang enam bulan ke bawah. Yang lain kan pasarnya masih banyak, termasuk untuk ibu hamil," tambah Slamet.

Slamet menambahkan, nutrisi yang terkandung dalam ASI eksklusif selama enam bulan pertama sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak di masa emas, yakni hingga usia dua tahun. Pada masa-masa emas ini, anak mengalami pertumbuhan sel otak, tulang dan otot, serta pematangan hormon-hormon yang prosesnya tidak akan bisa diulangi lagi di usia-usia berikutnya.
(tty) http://health.okezone.com/read/2012/06/08/483/644048/demi-peningkatan-asi-iklan-susu-formula-akan-dibatasi

0 komentar:

Posting Komentar